Selamat Datang Di Komunitas Yalimeck Web BLOG

Senin, 15 Februari 2010

POTRET KEMISKINAN DI DAERAH YALIMEK

*) James S Yohame
Kehidupan Rakyat Angguruk yang tidak pasti dengan jaminan hidup, mereka tetap saja hidup di bawah bukit dekat lereng-lereng gunung di Pegunungan Papua, Pengunungan tengah wilayah barat semakin oke saja, akrena didukung dengan perkembangan kemajuan dan pembentukan daerah otonom baru.

Wilayah Angguruk di kategorikan sebagai miskin di wilayah kabnupaten, wilayah Yalimek dikatakan sebagai daerah yang sulit secara Geografi dan topografi daerah. Wilayah kini menjadi 16 distrik dari sebelumnya dua distrik yaitu Angguruk dan Nalca. Walaupun pembentukan distrik sangat banyak, namun kemajuan rakyat belum begitu nampak,.
Rakyat masih hidup dalam honai dengan menggunakan api, perempuan tidur di honai bersama babi mereka dan para pria (lelaki) tidur di Yowi (honai Laki-laki), kadang api api di tengah malam bila kita tidak kontrol biasannya dingin.

Tetapi kadang juga kalau api besar mengakibatkan kebakaran, ya.... mau kemana... itu honai mereka kalau terbakar mereka bangun kembali lagi dengan atap daun pandan dan papan cincang dibelah pake kapak batu.
Mereka melalukan ini semua karena tidak ada rumah sehat, tidak ada rumah sosial dari pemerintah, juga sayang karena tidak adanya rumah layak di huni.

Mereka tidak mandi, mereka kotor kadang kena hujan lalu mereka cuci tangan, akibatnya mereka kena penyakit cacingan dan juga mereka tidak makan makan yang lesat mereka makan suburu (petatas) dan hom (keladi) dan sebagai sayur mereka di akhir makan mereka kunya suan sebagai makan penutup.

Mereka meratap ke langit melihat pesawat yang sedang terbang membawah proyek pemerintah yang tidak melibatkan rakyat. Anak sekolah juga tetap berjalan kaki pulang ke kampung untuk menjadi penginjil dan penatua karena tidak ada kesempatan kerja di lembaga pemerintah (politik nepotisme tinggi).

Sayang mereka sebagian putusa sekolah dan juga yang sekolah mereka habiskan babi dan umbi-umbian yang merupakan hasil keringat orang tua setiap hari. Memang orang kampung hanya berkebun dan menikmati hasil kebun.

0 komentar:

Posting Komentar

Yalimek

Template by : Yalimeck jamaica-rastuna.blogspot.com