Selamat Datang Di Komunitas Yalimeck Web BLOG

Rabu, 31 Maret 2010

ISU PEMEKARAN YAHUKIMO UTARA MERUPAKAN ISU ‘MURAHAN’ UNTUK MEMPERTAHANKAN KEKUASAAN

*) James S Yohame

Bergulirnya wacana pemekaran wilayah Anggruk yang sebelumnya di namakan Yalimek yang di dukung oleh berbagai pihak ( masyarakat akar rumput, pelajar, mahasiswa asal Yalimek – Nalca) merupakan sesuatu yang baik dan tentu saja memberikan kegembiraan dalam rangka memacu percepatan pembangunan. Kita tidak memungkiri bahwa akan banyak manfaat dari sebuah pemekaran, saya contohkan saja Kabupaten Yalimo yang setelah pisah dari Kabupaten Jayawijaya, percepatan pembangunan dari seluruh aspek dapat dirasakan (Acungan jempol buat Yalimo karena, pembangunan fisik dan sarana infrastruktur lain akan mengalahkan Kabupaten senior lain).

Namun demikian, ada isu yang Pemekaran Yahukimo Utara yang berbau Politis ketimbang menyuarakan aspirasi rakyat, kita juga perlu mewaspadai akan isu pemekaran ini hanya sebatas wacana saja demi sebuah tujuan lain yaitu memenangkan Pemilihan Kepala Daerah dalam beberapa bulan kedepan. Misalkan saja isu pembentukan Kabupaten Yahukimo Utara yang di usung anggota legislative dari Dapil III Distrik Anggruk dari Fraksi Partai Golkar. Sayangnya, isu pemekaran Yahukimo utara yang mereka usung ini tanpa dukungan masyarakat akar rumput, dan tentunya pelajar – mahasiswa Yalimek sehingga terpasung di tengah jalan.


Tetapi yang menjadi pertanyaan, mengapa Bupati Yahukimo tidak intens untuk menggulirkan wacana Kabupaten Yalimek? Apakah beberapa kecamatan yang ada di daerah pemilihan III ini tidak memenuhi syarat untuk di mekarkan jadi sebuah Kabupaten Otonom? Jangan hanya memunculkan wacana Pemekaran sebuah kabupaten, lalu berdiam diri. Atau mungkin setelah memunculkan wacana Pemekaran ini, apabila terpilih pada saat Pemilihan Bupati besok, wacana yang di munculkan ini akan direalisasikan dengan memekarkan kabupaten sebagai imbalan balas jasa? Entahlah, segudang janji manis dan slogan yang di usung, tetap nasib rakyat Yalimek terabaikan, apabila menginginkan suara Yalimek maka, syarat pertama yang mungkin harus dipenuhi adalah harus ada kontrak politik hitam diatas putih. Tanpa ini sangat sulit masyarakat percaya. Ini dimaksudkan agar, dikemudian hari apabila seseorang yang terpilih tersebut mengingkari janji, maka ada jaminan untuk menuntut.


Kalau dianalisa dengan pikiran waras, apa tujuan semuanya ini menjelang Pemilihan Kepala Daerah? Tujuannya, tentu saja untuk mengamankan posisi pejabat nomor 1 yang ada saat ini untuk menjadi bupati Yahukimo untuk periode ke dua.


Namun pertanyaannya apakah, beberapa kecamatan di dapil III mampu dipengaruhi opininya oleh bupati saat ini melalui bawahannya pada PILKADA nantinya dengan ISU-ISU yang digulirkan saat ini, semuanya berpulang kepada masyarakan yang memiliki hak suara. Saatnya rakyat yang tentukan pilihan tanpa intimidasi dan terror.

Waspadalah,,,,,,,,,,,Waspadalah,,,,,,,,,,Waspadalah,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,Penipuan terjadi bukan hanya karena ada niat, tetapi karena ada kesempatan untuk menipu. Tentukan pilihan baik- baik sebelum kata menyesal datang. ( kata bang Napi RCTI)


*) Penulis Seorang Gelandangan, Penghuni Tetap Jalur Bebas Hambatan

0 komentar:

Posting Komentar

Yalimek

Template by : Yalimeck jamaica-rastuna.blogspot.com