Selamat Datang Di Komunitas Yalimeck Web BLOG

Jumat, 12 Maret 2010

PERJALANAN TEAM MOBILE CLINIC (TMC) KE DISTRIK ANGGRUK – YALIMEK-

*) James S Yohame

Program percepatan pembangunan bidang kesehatan oleh Departemen Kesehatan RI bagi Provinsi Papua dan Papua Barat sejak tahun 2008 sampai dengan saat ini telah terlaksana dengan cukup baik. Untuk tahun 2009, akhirnya program ini dapat dilaksanakan pada Kabupaten/ Kota di seluruh wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat. Dan kabupaten Yahukimo di daerah pegunungan tengah Papua merupakan salah satunya yang melaksanakan program ini, meskipun rombongan TMC terkendala kondisi sosial masyarakat dan medan yang sulit.
Di kabupaten Yahukimo ini, Tim Mobile Clinic (TMC) berhasil melayani sebanyak 11 distrik diantaranya Distrik Anggruk, Tangma, Seradala, Langda, Silimo, Soba, Bomela, Nipsan Ninia, Kurima dan Dekai. Berikut data Koordinator Tim Mobile Clinic Kabupaten Yahukimo yang ditugaskan untuk memberikan pelayanan di distrik Anggruk antara lain, Dr. Rosalyn C. Jono (Koordinator Tim), Dewi Tampang (Gizi), Ester Kabak (Perawat), Yahya Kenangelem (Perawat), dan Martina Kabak (Bidan).
Dengan menggunakan pesawat carteran milik penerbangan Premi Air pada 29 Oktober 2009, rombongan TMC berangkat memberikan pelayanan kepada masyarakat di distrik Anggruk. Perjalanan dari Dekai, ibu kota kabupaten Yahukimo menuju Anggruk membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit. Setibanya di lokasi, TMC langsung mengemas dan melakukan persiapan, berupa obat-obatan, bama (bahan makanan.red), dan berbagai perlengkapan lainnya untuk selanjutnya menuju tempat penginapan di Puskesmas Anggruk.
Kedatangan TMC mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat di distrik Anggruk. Antusiasme ini nampak, sejak pesawat menjelang mendarat, telah banyak masyarakat yang berada di lapangan terbang untuk menjemput kedatangan rombongan TMC.
Selanjutnya, dalam melaksanakan pelayanan di distrik Anggruk selama 15 hari, rombongan TMC melakukan pelayanan di lima kampung antara lain, Kampung Angguruk, Tulpa, Erika, Tohong, dan Ilintam. Pada pelayanan kali ini, TMC berhasil melayani masyarakat dengan jumlah pasien hingga sebanyak 800 orang. Selain memberikan pelayanan bagi masyarakat di distrik Angguruk, datang juga masyarakat dari distrik Heriapini yang merupakan distrik yang bersebelahan dengan distrik Anggruk.
Di lima kampung ini, TMC turut pula memberikan imunisasi kepada anak-anak sebanyak 46 anak. Berdasarkan pelayanan yang telah digelar, TMC menemukan 10 besar penyakit yang mendominasi di lima kampung ini antara lain, ISPA, Cacingan/disapsia, Scabies, Gastro Entritis, Myalgia, Artragia, OMK dan Malaria.

*) Nuraniku Untuk Perubahan dan Kebebasan Universal.

0 komentar:

Posting Komentar

Yalimek

Template by : Yalimeck jamaica-rastuna.blogspot.com