Selamat Datang Di Komunitas Yalimeck Web BLOG

Rabu, 24 Maret 2010

PERKAWINAN ADAT SUKU YALIMEK

*)James S Yohame

Dalam organisasi sosial, suku Yali Meck mengenal pembagian masyarakat atas dua kelompok klan, yaitu Kabak dan Pahabol (Wita dan Waya bagi masyarakat lembah baliem),dan masing- masing klan harus kawin di luar dari klan. Masing- masing klan mengetahui dengan klan mana ia bisa memilih pasangan perkawinan dan dengan klan mana sama sekali terlarang. Dari dua klan besar yang disebutkan diatas, terdapat klan- klan kecil yang termasuk di dalam dua kelompok klan di atas.
Dalam hal memilih jodoh bagi seorang perjaka untuk memperistri seorang gadis secara adat Yali meck di tentukan oleh orang tua dan atau sanak famili pihak lelaki. Berdasarkan adat, Seorang pemuda tidak boleh kawin dengan gadis yang masih termasuk anggota keluarga klan, sesama klan, atau masih ada hubungan keluarga dekat. Misalnya, larangan untuk kawin dengan saudara perempuan ayah atau saudara perempuan ibu berlaku untuk dua- tiga generasi, tetapi larangan untuk kawin sesama klan berlaku umum – kontinue- (artinya biar 1000 generasi sekalipun tidak dibenarkan kawin dengan sesama klan).
Lamaran terhadap gadis calon pengantin dilakukan oleh orang tua, sanak keluarga dan tua- tua kampung atau kepala- kepala adat. Apabila lamaran telah disetujui oleh pihak wanita, pembicaraan biasanya di langsungkan dengan besarnya mas kawin yang akan diserahkan pihak lelaki, juga waktu pelaksanaan pernikahan ( hari pembayaran mas kawin). Mas kawin yang masih di pertahankan hingga sekarang adalah berupa, Babi, dan noken. Sedangkan mas kawin sebelumnya selain babi dan noken kulit pia dan Sul/ meli (maaf bahasa Indonya saya lupa, maklum orang kampung). Tetapi sekarang, mas kawin bisa berupa Uang ratusan sampai jutaan jutaan rupiah ( tergantung popularitas orang tua si gadis).
Sesudah nikah, pengantin baru sementara waktu tinggal bersama orang tua pihak lelaki ( sebelum membuat rumah sendiri). Perceraian antara suami istri sejak dulu jarang terjadi. Pada masyarakat yali mek perkawinan poligami sering terjadi ( Sebelum injil masuk), tetapi perkawinan poligami pada masyarakat suku Yali meck umumnya hanya terbatas pada kepala suku dan orang yang punya status sosial lebih tinggi, artinya orang yang secara material mampu membayar mas kawin. (Jumlah babi peliharaan menentukan status sosial masyarakat yali meck – seseorang di katakan kaya/ status sosialnya lebih tinggi apabila jumlah kandang babi dan babi banyak - ).

http://jamaica-rastuna.blogspot.com/

*) Penulis adalah Salah Seorang Putra Yali Yang Terdampar Di Pulau Jawa & Kuliah Di salah Satu Institut Di Jakarta.

4 komentar:

NAPI DANI MURIB mengatakan...

Itu dia orang jali apa kabar boleh kenalan kah ???????

Anonim mengatakan...

all about papua, i love it...papua istimewa buatku, semua cerita ttg mereka aku suka....meski aku tak bisa menginjakan kakiku kesana tp membaca artikel ttg papua sdh ckp mengobati kerinduanku.salam kenal, Rein.

Anonim mengatakan...

pengen punya kawan dr papua,pernah kost di yogya dan dekat dg kost2an org papua...tp gak berani berteman, kesanku mereka tak ramah...padahal aku suka dg keeksotisan alam papua. entah ya, aku sll haus informasi ttg papua, lebih2 kehidupan pedalaman.kuharap suatu hari aku bisa kenal dg kalian.Rein.

Anonim mengatakan...

sebenarnya bagi kalian yang menganggap orang papua tidak rama itu faktornya hanya karena anda baca di waja saja, jika anda ingin menjadi teman orang papua anda harus mendekati dia dan ikuti setiap aktifiktasnya dan coba 1-2 hari lewat anda pasti akan tahu bagimana sebenarnya orang papua yang sesunggunya...

Posting Komentar

Yalimek

Template by : Yalimeck jamaica-rastuna.blogspot.com