Selamat Datang Di Komunitas Yalimeck Web BLOG

Rabu, 24 Maret 2010

PEMEKARAN KABUPATEN DI PAPUA MASIH DI BUTUHKAN

WAMENA–Presiden SBY yang memerintahkan Mendagri untuk menyusun moratorium agar tahun 2010 tidak ada pemekaran kabupaten baru termasuk di Papua dengan alasan menunggu adanya grand desaign Negara RI seperti yang disampaikan salah satu anggota DPR Papua belum lami ini mendapat tanggapan serius dari ketua tim pemekaran calon Kabupaten Yalimek Ottys Kambue, SE.
Ia menilai SBY terlalu cepat mengeluarkan keputusan untuk tidak lagi dilakukan pemekaran kabupaten termasuk di Papua.
“Mengapa SBY secepat ini mengambil keputusan untuk tidak ada lagi pemekaran, karena masih banyak daerah di Papua yang menunggu pemekaran kabupaten seperti di Wilayah Angguruk Yalimek. Begitu juga di daerah lain di Papua juga masih membutuhkan adanya pemekaran wilayah untuk memperpendek jangkauan pelayanan pemerintah” katanya di Wamena,.
Menurutnya di Papua masih banyak orang yang menderita di daerah pedesaan dan masih butuh perhatian langsung dari pemerintah sehingga pemekaran merupakan salah satu solusi. Ia menyatakan pemerintah harus dapat melihat dengan jeli apakah wilayah tersebut layak untuk dimekarkan atau tidak dengan letak geogerafis wilayahnya serta potensi yang ada di wilayah tersebut.
“Jika satu daerah layak untuk dimekarkan jadi kabupaten ya bentuk kabupaten, karena itu bagian dari perjuangan masyarakat untuk mensejahterakan mereka” jelasnya.
Soal pernyataan yang di keluarkan Ketua Fraksi Pikiran Rakyat DPRP, Yan P. Mandenas, mengenai pemekaran jangan hanya untuk kepentingan elit politik daerah dan kesiapan SDM sebelum melakukan pemekaran, menurutnya, sebagai seorang wakil rakyat di DPRP harus melihat alasan dilakukannya pemekaran dan jangan langsung memvonis adanya kepentingan elit politik daerah atau kesiapan SDM.
Sebab sebelum mengusulkan pemEkaran pasti sudah dilakukan kajian-kajian terlebih dahulu. “Usulan itu juga didasarkan atas aspirasi rakyat,” imbuhnya.
“Jika pemekaran di Papua tidak lagi dilakukan maka kapan lagi masyarakat yang selama ini belum terjamah pemerintah dapat maju, berkembang dan sejahtera sebab masih banyak orang yang menderita di balik-balik gunung, ” tambahnya.(rza-Bintang Papua)

0 komentar:

Posting Komentar

Yalimek

Template by : Yalimeck jamaica-rastuna.blogspot.com